KRITIK dan SARAN MENGENAI KENAIKAN HARGA BBM DAN TARIF DASAR LISTRIK DI INDONESIA

Standard

        Kenaikan harga BBM dan juga Kenaikan Tarif Dasar Listrik tentu tidak bisa dihindari karena harga minyak mentah dunia saat ini sedang mengalami kenaikan pula. Kondisi seperti ini akan sangat membebeni anggaran negara Indonesia, apalagi jika digunakan untuk memenuhi subsidi harga BBM masyarakat. Dengan adanya kenaikan harga BBM, maka akan terjadi pula kenaikan di beberapa kebutuhan, seperti kenaikan Tarif Dasar Listrik.

    KRITIK

 

  • Jika pemerintah benar-benar akan menaikkan harga BBM disertai dengan kenaikan tarif dasar listrik,  maka harga kebutuhan lainnya pun akan ikut naik. Dengan penghasilan masyarakat yang tetap, maka masyarkat pun tidak akan bisa memenuhi kebutuhannya yang melambung naik seiring dengan naiknya harga BBM dan juga naiknya harga listrik.
  • Pemerintah harus memastikan terpenuhinya kesejahteraan masrakat terlebih dahulu sebelum menaikkan harga BBM dan tarif dasar listrik. Dengan naiknya, dua kebutuhan utama ini, maka terlihat rakyat akan semakin sengsara jika pemerintah tidak memerdulikan rakyat.
  • Pemerintah justru makin mengurangi anggaran subsidi BBM dan menaikkan tarif dasar listrik yang dirasakan cukup membantu masyarakat, sementara seperti yang kita tahu, bahwa anggaran untuk pembangunan ruang rapat DPR dan menu makanannnya justru terus bertambah besar. Kenaikan gaji petinggi negara pun semakin melambung tanpa memperhatikan kondisi masyarakat.
  • Dengan kenaikan harga BBM ini, akan terjadi pula kenaikan harga transportasi umum yang menjadi transportasi masyarakat.
  • Dengan kenaikan harga BBM dan kenaikan tarif dasar listrik ini, juga dapat mendidik mayarakat untuk mengubah perilaku mereka menjadi lebih hemat dalam mengkonsumsi BBM.
  • Jika saat ini, masih banyak penolakan terhadap kenaikan harga BBM tentu saja dapat dipahami, karena masih banyak sekali petinggi negara yang berfoya-foya dengan uang rakyat diatas penderitaan rakyat. Rasanya tidak adil jika mencabut subsidi bagi rakyat, sementara rakyat melihat bahwa petinggi negara yang disebut sebagai wakil rakyat, malah korupsi. Ditambah lagi kesan pemerintah yang ragu0ragu dalam menaikkna harga BBM di negeri ini.
  • Dengan dinaikkannya tarif dasar listrik, maka rakyat yang tidak mampu akan sulit mendapatkan penerangan.
  • Pemerintah harus tahu situasi keadaan rakyat jika ingin menaikkan harga BBM dan juga tarif dara listrik.
  • Terlihat kalau pemerintah tidak lagi memerdulikan rakyat,  para petinggi negeri ini lebih mementingkan kebutuhan pribadinya dibandingkan kebutuhan rakyatnya.

 

     SARAN

 

  • Mungkin masalah ini bisa diatasi dengan mewajibkan semua kendaran umum dan kendaraan pribadi beralih ke Bahan Bakar Gas (BBG) yang lebih murah dan cadangan masih tersedia cukup banyak di Indonesia. Pemerintah juga harus menjamin ketersediaan BBG ini ke seluruh pelosok negeri
  • Jika pemerintah benar akan menaikan tarif dasar listrik, maka itu harus dilakukan secara bertahap. Jangan sampai, kenaikan ini membuat rajyat lebih sengsara lagi.
  • Diharapkan juga, jangka waktu kenaikan harga BBM tidak secara cepat disusul dengan kenaikan tarif dasar lisrik. Jika ini terjadi, rakyat akan tercekik dalam perekonomian ini.
  • Jika tarif dasar listrik dinaikkan, maka pemerintah juga  harus membangun infrastruktur tenaga listrik sehingga dapat merata ke seluruh negeri ini.
  • Selain itu, pemerintah juga harus bekerja keras untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat agar dapat memiliki daya beli yang lebih baik.
  • Pemerintah juga harus mengubah struktur pemerintah dalam mengelola negara dan menjadikan rakyat segai fokus utama, bukan hanya menjadi pelayan partai politik.
  • Pemerintah juga harus menghemat anggaran dan juga memangkas kemewahan yang didapatnya dan mengalihkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s