KIAT SUKSES DALAM BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI

Standard

Kesuksesan dalam menyelesaikan studi di Perguruan Tingi dalam waktu yang singkat merupakan impian bagi setiap mahasiswa. Namun, dalam mencapai hal ini tidaklah mudah, karenga metode belajar di SMA/SMK dengan Perguruan Tinggi sangatlah berbeda. Di Perguruan Tinggi, mahasiswa dituntut untuk belajar dengan mandiri dibandingkan dengan SMA/SMK yang metode belajarnya masih dibimbing dengan guru.

Oleh karena itu, jika mahasiswa tidak dapat menyesuaikan diri dengan metode pembelajaran di Perguruan Tinggi, maka kemungkinan besar mahasiswa yang bersangkutan akan gagal dalam mendapatkan gelar sarjana.

Untuk membantu para mahasiswa agar dapat menyelesaikan studinya di Perguruan Tinggi dalam jangka waktu yang telah ditetapkan atau relative singkat, maka diperlukan kiat-kiat belajar yang sukses, yakni sebagai berikut :

1.     Janganlah datang terlambat.

Bila kita datang terlambat, maka kita akan kehilangan atau tertinggal materi apa yang sedang dipelajari. Dengan kertertingglan materi ini, maka kita akan sulit untuk menyesuaikan diri pada laju perkuliahan dan laju penyampaian materi yang telah dibahas pada materi kuliah tersebut. Kerugian terbesar ketika kita terlambat adalah dosen tidak mentolerir keterlambatan kita, bisa saja kita tidak diperbolehkan mengikuti mata kuliahnya pada saat itu. Periksa dan persiapkan juga materi perkuliahan apa yang akan kita pelajari nantinya dengan baik.

2.     Pelajari dahulu mteri sebelum memulai perkuliahan

Sebaiknya kita membaca dahulu materi sebelumnya yang telah diajarkan dan mempelajari  materi apa yang akan disampaikan oleh dosen. Kita dapat melihat silabus materinya melalui web SAP. Jika ada yang tidak dimengerti, maka diskusikanlah dengan teman sekelompok atau dengan dosen sebelum perkuliahan dimulai dan jangan pernah sampai meninggalkan jam kuliah.

3.     Cara Berpakaian

Cara berpakaian seseorang akan mencerminkan kepribadian orang itu pula. Berpakaian denga rapi yermasuk dalam mentaati norma dan sistem nilai yang berlaku di masyarakat disertai dengan  menutupi seluruh aurat dengan baik. Dengan berpakaian rapi, selain tidak mengganggu orang lain juga menunjukkan bahwa kita memiliki norma. Diwajibkan bagi para mahasiswa memakai sepatu saat menghadap dosen dan saat menghadiri perkuliahan.

4.     Posisi Tempat Duduk

Setelah kita memasuki kelas, maka posisi tempat duduk akan mempengaruhi proses belajar kita juga. Oleh karena itu, posisi tempat duduk juga harus diperhatikan karena akan sangat mempengaruhi dalam menyimak materi yang diberika oleh dosen. Jangan sampai tempat duduk kita menghalangi penglihatan kita terhadap apa yang dituliskan dosen dipapan tulis ataupun apa yang dipancarkan ole slide OHP dan juga mengurangi pendengaran kita terhadap pembicaraan dosen dengan mahasiswa.

5.     Belajar Di Rumah

Agar seluruh materi perkuliahan dapat dimengerti secara tuntas, maka kita harus menyediakan aktu luang di rumah untuk mempelajari kembali seluruh materi yang telah diberikan di kampus, karena sulit bagi kita untuk mengerti secara langsug materi perkuliahan jika hanya belajar di kelas saja yang waktunyanya relative singkat. Kegiatan belajar dirumah pun termasuk dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen agar kita dapat dengan mudah memahami maeri perkuliahan apa yang sedang kita pelajari.

6.     Memanfaatkan Perpustakaan

Dalam memahami materi perkuliahan atau dalam pengerjaan tugas, maka akan dibutuhkan banyak sumber agar kita lebih mudah memahaminya. Untuk mengumpulkan berbagai sumber ini, kita dapat memanfaatkan perpustakaan yang tersedia di Perguruan Tinggi.

7.     Jadwalkan Kegiatan Secara Cermat

Dengan membuat jadwal kegiatan ini, kita dapat lebih memfokuskan waktu, pikiran dan energy untuk melakukan proses pembelajaran di kampus. Dengan jadwal ini, kita tidak akan terlalu lelah jika harus kuliah setiap harinya.

8.     Pahami Para Dosen

Menjalin komunikasi yang lancer dengan para dosen merupakan salah satu kiat kita untuk sukses di Perguruan Tinggi. Dengan komunikasi yang baik ini, kita dapat sering mengajukan pertanyaan sesuai dengan materi kuliah apa yang dosen tersebut berikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s